SELAMAT HARI PAHLAWAN, #SEMOGA TERCATAT SEBAGAI SYUHADA'

Monday 8 December 2014

Ketua MK : Silahkan Umat Islam Koreksi Pemerintah

Mahkaman Konstitusi, Hamdan Zoelva 
Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva mengatakan, bahwa untuk mengoreksi pemerintah penting bagi umat Islam untuk memahami hak mereka melalui jalan demokrasi maupun konstitusional.

"Sebab pemerintah juga bisa jadi berpeluang langgar konstitusi," ujar Hamdan pada acara pendidikan hak konstitusional warga negara bagi pimpinan pesantren se-Indonesia agar memahami kedudukan umat Islam secara konstitusional di Jakarta, Sabtu 6 Desember 2014.

Menurutnya, umat Islam melalui jalan demokrasi seperti pemilihan umum memiliki modal kuat sebagai mayoritas warga negara Indonesia. Namun, karena mesti menunggu selang waktu limat tahun untuk mengoreksi jalannya pemerintah hal itu menjadi tidak efisien.

"Maka dipersilah umat Islam mengoreksi pemerintah melalui gugatan ke MK," cetusnya.

Untuk itu, ia mengingatkan umat Islam tidak perlu memakai jalan kekerasan, termasuk pemikiran radikal atau ekstrimis.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta umat Islam Indonesia untuk lebih siap menghadapi tantangan global yang mengancam pemikiran dan sikap ektrem keagamaan yang akan mengancam keutuhan Indonesia sebagai negara multiagama dan multibudaya.

"Agar sendi bernegara tidak lumpuh serta memunculkan perpecahan, Indonesia mesti siap membentengi seluruh warga negaranya," katanya.

Sumber: PelitaOnline

0 comments:

Post a Comment