SELAMAT HARI PAHLAWAN, #SEMOGA TERCATAT SEBAGAI SYUHADA'

Saturday, 13 December 2014

Harga Minyak Dunia Termurah Dalam 5 Tahun Terakhir, Harga BBM Termahal Sepanjang Sejarah




Harga minyak kembali tenggelam ke level terendah dalam lima tahun terakhir. Saat ini harga rata-rata minyak dunia berada di level US$ 60 per barel. Harga minyak jenis Brent turun 45 persen menjadi US$ 62 per barel dibandingkan Juni. Sementara, minyak Light Sweet kini dipasarkan pada level harga US$ 58,74 per barel. Harga serendah ini tak pernah terlihat sejak Juli 2009.

Turunya harga minya dunia ssudah terjadi sebelum pemerintahan era Presiden Jokowi menaikan harga BBM. Sebuah ironi yang menyayat hati. Harga minyak dunia anjlok, Jokowi malah menaikan harga BBM yang berdampak naiknya semua harga-harga kebutuhan rakyat.

Kalau menilik sejarah harga BBM di tanah air (seperti dilansir dari merdeka.com), maka kenaikan harga BBM era Jokowi adalah harga BBM termahal sepanjang sejarah Indonesia.

1. Presiden Soeharto

- 1991, Soeharto menaikkan harga BBM dari semula Rp 150 menjadi Rp 550 per liter.
- 1993, harga BBM menjadi Rp 700 per liter.
- 1998, harga BBM Rp 1.200 per liter

2. Presiden Habibie

Habibie justru menurunkan harga BBM dari Rp 1.200 menjadi Rp 1.000 per liter.

3. Presiden Abdurrahman Wahid

- April 2000, harga BBM diturunkan menjadi Rp 600 per liter.
- Oktober 2000, harga BBM dinaikkan menjadi Rp 1.150 per liter.
- Juni 2011, harga BBM menjadi Rp 1.450 per liter.

4. Presiden Megawati Soekarnoputri

- Maret 2002, harga BBM menjadi Rp 1.550 per liter.
- Januari 2003, harga BBM menjadi Rp 1.810 per liter.

5. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

- Maret 2005, harga BBM naik menjadi Rp 2.400 per liter
- Oktober 2005, harga BBM kembali naik menjadi Rp 4.500 per liter
- Mei 2008, harga BBM naik menjadi Rp 6.000 per liter.
- Awal Desember 2008, harga BBM turun menjadi Rp 5.500 per liter.
- 15 Desember 2008, harga BBM turun lagi menjadi Rp 5.000 per liter
- 15 Januari 2009, harga BBM turun lagi menjadi Rp 4.500 per liter.
- 21 Juni 2013, harga BBM naik lagi menjadi Rp 6.500 per liter.

(SBY menaikan/menurunkan harga BBM mengikuti naik/turunya harga minyak dunia)

6. Presiden Joko Widodo

- 18 November 2014, harga BBM naik menjadi Rp 8.500 per liter.

(Jokowi menaikan harga BBM saat harga minyak dunia turun)

Sumber : piyunganonline

Istri Yang Nusyudz Kepada Suaminya


Assalamu 'alaikum wr .wb.

Ustadz Ahmad Sarwat yang dirahmati Allah. Ada pertanyaan yang terkait dengan posisi istri di hadapan suami dalam hal-hal yang tidak disepakati. Ada yang bilang kalau istri menentang atau melawan suami, disebut dengan nusyudz.

Pertanyaan saya :

1. Apa sih sebenarnya makna nusyudz itu? Apakah ada perbedaan pendapat dalam pengertian nusyudz oleh para ulama?

2. Adakah ayat-ayat Al-Quran membahas tentang istri yang melawan kepada suaminya?

3. Adakah hadits-hadits yang melarang istri melawan suami?

Demikian pertanyaan saya ustadz, mohon dijawab dan saya tunggu jawabannya. Sebelumnya syukran ya ustadz.

Wassalam


Jawaban :

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
A. Pengertian 1. Bahasa
Kata nusyuz (نشوز) dalam bahasa Arab berasal dari akar kata nasyzu (نشز) yang artinya tempat yang tinggi (المكان المرتفع).
Dan nusyuz juga bermakna berdiri, yaitu orang yang tadinya duduk lalu berdiri, disebut melakukan nusyuz. Di dalam Al-Quran Al-Karim disebutkan lafadz nusyuz dengan makna bangun berdiri dari duduk.
وَإِذَا قِيْلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا
Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah (QS. Al-Mujadilah : 11)
Sedangkan secara bahasa wanita yang melakukan nusyuz disebut dalam kalimat (نَشَزَتِ الْمَرْأَةُ بِزَوْجِهَا عَلَى زَوْجِهَا), maksudnya adalah istri berperilaku lebih tinggi dari suaminya, atau istri itu telah membuat marah suaminya dan keluar dari ketaatan kepada suaminya.
2. Istilah
Sedangkan pengertian nusyuz dalam istilah ilmu fiqih, para ulama punya definisi yang berbeda-beda redaksinya.
a. Jumhur Ulama
Definisi nusyuz menurut jumhur ulama selain Al-Hanafiyah, yaitu mazhab Al-Malikiyah, Asy-Syafi'iyah dan Al-Hanabilah adalah : [1]
خُرُوجُ الزَّوْجَةِ عَنِ الطَّاعَةِ الْوَاجِبَةِ لِلزَّوْجِ
Keluarnya istri dari kewajiban taat pada suaminya
b. Al-Hanafiyah
Sedangkan mazhab Al-Hanafiyah punya definisi yang agak berbeda dari jumhur ulama. [2]
خُرُوجُ الزَّوْجَةِ مِنْ بَيْتِ زَوْجِهَا بِغَيْرِ حَقٍّ
Keluarnya istri dari rumah suaminya tanpa hak
Umumnya para ulama menyebutkan bahwa nusyuz itu hanya mungkin dilakukan oleh istri kepada suaminya, dan tidak bisa sebaliknya. Sebab nusyuz itu lawan dari taat, dan yang wajib taat adalah pihak istri kepada suami. Dan ketika kewajiban untuk taat ini tidak dikerjakan oleh istri, saat itu dia telah melakukan nusyuz.
Namun demikian, ada juga yang berpendapat bahwa nusyuz mungkin saja dilakukan suami kepada istrinya. Salah satu yang berpendapat seperti itu adalah Asy-Syarqawi. Namun beliau mengakui bahwa nusyuz suami kepada istrinya sangat tidak populer dan kasusnya amat jarang terjadi.
B. Nusyud Dalam Nash
Di dalam Al-Quran Al-Karim Allah SWT menyebutkan kasus tentang nusyuz yang dilakukan oleh istri kepada suaminya.
وَاللاَّتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلاَ تَبْغُواْ عَلَيْهِنَّ سَبِيلاً إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا
Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasihatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. An-Nisa' : 34)
Al-Imam Al-Qurtubi dalam tafsir Al-Jami' li Ahkamil Quran, mengutip perkataan Ibnu Abbas radhiyallahuanhu, menyebutkan bahwa makna kata (تخافون) yang secara harfiyah bermakna takut atau khawatir, di dalam ayat ini maksudnya adalah mengetahui dan meyakini. Sehingga makna ayat itu adalah : Wanita-wanita yang kamu ketahui dan yakini nusyuznya.
Di dalam ayat ini Allah SWT menyebutkan tiga hal yang bisa dilakukan oleh suami manakala mengetahui istrinya melakukan nusyuz: • Memberikan al-wa'dzhu atau nasihat, • Memisahkan istri dari ranjang, • Memukulnya dengan pukulan yang tidak melukai.
C. Keharaman Nusyuz Bagi Istri dan Dalil-dalilnya
Seluruh ulama sepakat bahwa tindakan nusyuz yang dilakukan oleh seorang istri hukumnya haram. Sebab pada dasarnya seorang istri diwajibkan untuk mentaati suaminya, khususnya dalam hal-hal yang dihalalkan syariah.
Kita menemukan begitu banyak dalil baik dari Al-Quran maupun As-sunnah yang secara tegas mengharamkan tindakan nusyuz istri, di antaranya :
1. Al-Quran : Wanita Shalihah Wajib Taat Suami
Di dalam Al-Quran Al-Karim Allah SWT menyebutkan bahwa wanita shalihah adalah wanita yang mentaati suaminya.

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ
Wanita yang saleh adalah mereka yang taat (kepada suaminya) (QS. An-Nisa' : 34)
Al-Imam Al-Qurthubi dalam tafsir Al-Jami' li Ahkamil Quran, menyebutkan bahwa pola kalimat dalam ayat ini adalah khabariyah, yaitu informasi atau kabar. Namun maksudnya adalah perintah bagi wanita shalihah untuk mentaati suaminya. [3]
2. Surga dan Neraka Istri Ada Pada Diri Suami
Rasulullah SAW pernah menasehati seorang istri agar selalu mentaati suaminya.
أَذَاتُ زَوْجٍ أَنْتِ ؟ قَالَتْ : نَعَمْ قَال : انْظُرِي أَيْنَ أَنْتِ مِنْهُ فَإِنَّهُ جَنَّتُكِ وَنَارُكِ
Rasulullah SAW bertanya,"Apakah kamu punya suami? Wanita itu menjawab,"Ya". Rasulullah SAW berkata,"Perhatikan dimana posisimu terhadap suami. Sebab pada suami itu ada surgamu dan nerakamu. (HR. Ahmad)
2. Taat Pada Suami : Masuk Surga Dari Pintu Mana Saja
إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا .قِيل لَهَا : ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ
Apabila seorang istri melaksanakan shalat lima waktu, puasa Ramadhan, menjaga kehormatannya dan mentaati suaminya, maka dikatakan kepadanya : Masuklah ke dalam surga dari pintu yang mana saja. (HR. Ahmad)
3. Kalau Boleh Wanita Harus Sujud Kepada Suaminya
Saking tingginya posisi suami di depan istrinya, maka Rasulullah SAW pernah bersabda :

لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لأِحَدٍ لأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا
Kalau seandainya dibolehkan manusia sujud kepada manusia, pasti Aku perintahkan istri untuk sujud kepada suaminya. (HR. At-Tirmizy)
4. Tidak Melayani Suami : Dilaknat Malaikat
Seorang istri yang menolak untuk melayani suaminya dalam urusan jima', padahal dia tidak punya udzur syar'i, lantas suaminya tidur dalam keadaan marah, maka malaikat pun ikut melaknat istri tersebut.
إِذَا بَاتَتِ الْمَرْأَةُ هَاجِرَةً فِرَاشَ زَوْجِهَا لَعَنَتْهَا الْمَلاَئِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ
Bila seorang wanita melewati malamnya dengan menolak tidur dengan suaminya, maka malaikat melaknatnya sampai shubuh. (HR. Bukhari dan Muslim)
إِذَا دَعَا الرَّجُل امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَأَبَتْ أَنْ تَجِيءَ لَعَنَتْهَا الْمَلاَئِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ
Bila suami mengajak istrinya berjima' tetapi istrinya menolak untuk melakukannya, maka malaikat melaknatnya hingga shubuh (HR. Bukhari dan Muslim).
5. Sebaik-baik Istri Adalah Yang Taat
خَيْرُ النِّسَاءِ امْرَأَةٌ إِذَا نَظَرْتَ إِلَيْهَا سَرَّتْكَ وَإِذَا أَمَرْتَهَا أَطَاعَتْكَ وَإِذَا غِبْتَ عَنْهَا حَفِظَتْكَ فِي نَفْسِهَا وَمَالِكَ
Sebaik-baik istri adalah yang apabila kamu pandangi menyenangkan hatimu. Bila kamu perintah, dia mentaatimu. Bila kamu sedang tidak ada, dia menjaga dirinya untukmu dan juga menjaga hartamu. (HR. Al-Hakim)
Demikian sedikit jawaban atas pertanyaan antum, semoga bermanfaat.

Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc., MA

[1] Al-Mughni, jlid 7 hal. 46 [2] Ad-dur Al-Mukhtar wa Raddul Muhtar, jilid 2 hal. 646
[3] Al-Imam Al-Qurthubi, Al-Jami' li Ahkamil Quran, jilid 5 hal. 170
Rumah
Fiqih
Indonesia

Anies Baswedan Mengacaukan Pendidikan Indonesia


Wakil Ketua Komisi X DPR RI bidang Pendidikan, Olahraga dan Pemuda, Ridwan Hisjam mengatakan bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan tidak tegas dalam melakukan pencabutan kurikulum 2013.

Sikap Kementerian yang mencabut kurikulum 2013 bagi sekolah yang belum mampu melaksanakan, serta meneruskan kurikulum bagi sekolah yang secara sumber daya manusia sudah mampu, dapat mengacaukan pendidikan di Indonesia.

"Saya sebut menteri tidak tegas bila melakukan pencabutan seperti itu, dan itu akan mengacaukan pendidikan," kata Ridwan Hisjam, Jumat (12/12).

Menurutnya, kurikulum 2013 dan kurikulum 2006 sangat berbeda jauh, sedangkan bila kembali pada tujuan kurikulum pendidikan hal yang pokok adalah output daripada siswa.

"Jika satunya gunakan kurikulum 2006 dan satunya 2013 sangat berbeda outputnya," terangnya.

Harusnya, lanjut Ridwan, bila ingin mengembalikan kepada kurikulum 2006 harus dipukul rata, namun dibarengi dengan sosialiasasi kurikulum 2013 yang baik selama dua tahun hingga semua sekolah siap menerapkannya. (aktual.co/piyunganonline)

Fahira Idris: Perlu Lebih Banyak Muslimah PKS Masuk Parlemen


Jakarta (12/12) – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris memberikan apresiasinya terhadap militansi kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dia melihat, kader PKS sangat aktif mengadakan acara sosial, edukasi, dan sebagainya, terutama perjuangan para kader perempuan. Oleh karena itu, jumlah kader perempuan PKS yang masuk ke parlemen harus diperbanyak. Hal ini dikatakan oleh Fahira Idris, saat dikunjungi pengurus Bidang Perempuan (Bidpuan) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS, di Gedung DPD RI, Komplek Parlemen Senayan, Jumat (12/12).
Fahira Idris menyatakan, kader perempuan PKS merupakan model perempuan paripurna. Sebagai muslimah, perjuangan yang dilakukan tidak hanya kepentingan duniawi tetapi juga yang paling penting dilandasi tujuan akhirat.

“Saya ini meskipun sekarang sudah jadi anggota dewan tapi tetap bergerak sesuai izin suami, orang tua, dan keluarga. Saya yakin juga perempuan-perempuan PKS juga demikian, melangkah dengan pertimbangan keluarga. Dan menurut saya perjuangan di parlemen itu tidak menyalahi prinsip tersebut. Kalau yang ditakuti perempuan jadi leader, saya malah melihat anggota dewan itu bukan leader, tetapi wakil rakyat,” ujar perempuan yang akrab disapa Uni Fahira ini.

Pentingnya perempuan masuk parlemen, lanjut Fahira, disebabkan salah satu tugas anggota dewan sebagai pembuat kebijakan. Kebijakan yang dibuat di parlemen banyak berkaitan dengan kemaslahatan hidup masyarakat. Fahira mengatakan seringkali perempuan dinilai lebih memiliki ‘rasa’ dibandingkan kaum laki-laki.

“Disini saya merasakan setiap hari utak-atik undang-undang (UU). Kalau saya melihat suatu UU yang merancang laki-laki, kurang memahami betul kebutuhan perempuan. Sehingga UU pun banyak yang belum mengakomodasi kebutuhan perempuan. Bukan berarti laki-laki tidak mempertimbangkan perempuan, namun kalau ada kontribusi dari kaum perempuan, jiwanya itu berbeda,” jelas Senat yang dikenal dengan latar belakang aktivis dan pengusaha sukses tersebut.

Di dalam keanggotan DPD RI, Fahira memperoleh amanah di Komite III yang berkaitan dengan 13 bidang. Salah satu bidang yang menjadi fokus perjuangan Uni Fahira dan berhubungan dengan Bidpuan PKS ialah pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Peraih The Most Inspiring Tweeter ”The 10 Top Blog 2010” itu sepakat dengan isu yang diangkat Bidpuan PKS mengenai penguatan ketahanan keluarga.

“Di luar itu banyak juga kaum perempuan yang berpandangan liberal. Mereka yang sukses di karier namun sayang keluarganya terpisah atau jadi berantakan. Saya sepakat ketahanan keluarga adalah masalah krusial untuk bangsa. Suatu masalah muncul, umumnya karena ketahanan keluarga yang kurang kokoh. Saya senang apabila Bidpuan PKS juga fokus dalam program-program pro keluarga, perempuan, dan anak seperti itu. Mari, kita kolaborasi dan bersinergi!” kata Fahira yang tak lain puteri pengusaha dan politisi, Fahmi Idris.

Tidak hanya ajakan berkolaborasi, Fahira juga mengemukakan harapan dan memberi masukan kepada partai dakwah ini. PKS, menurutnya, harus terus menambah program yang menyentuh masyarakat. "Pasukan mudanya pun diperbanyak, rangkul mahasiswa, pelajar, dan kelompok remaja lainnya. Mereka itu benar-benar aset yang dapat mengangkat perolehan suara untuk PKS,” pungkasnya.
Kunjungan ini merupakan salah satu agenda Bidpuan DPP PKS, dalam rangka menyambut Hari Ibu pada 22 Desember 2014 mendatang. Kegiatan dilakukan selama tanggal 1-22 Desember 2014 dengan mengunjungi para tokoh perempuan nasional. Selain mempererat tali persaudaraan, kegiatan ini juga merupakan sarana mengetahui persepsi serta menghimpun masukan kaum perempuan terhadap PKS. Sehingga, PKS dapat terus berbenah dan menjadi partai pilihan perempuan Indonesia.

Sumber :  http://pks.or.id