SELAMAT HARI PAHLAWAN, #SEMOGA TERCATAT SEBAGAI SYUHADA'

Thursday 4 December 2014

Tatsqif Bulanan PIP PKS Malaysia

IMG_20141130_124549
Sebagai salah  satu sarana untuk meningkatkan tsaqofah islamiyah para kader, PIP PKS Malaysia pada hari ahad 30 November 2014 mengadakan tatsqif dengan tema “ Pengantar Ilmu Ushul Al FIqh “ yang menghadirkan muwajjih Al Ustadz Dr Muntaha Artalim, MA. Acara yang bertempat di markaz dakwah PIP PKS Malaysia di Kuala Lumpur itu dihadiri kurang lebih 40 kader ikhwan dan akhwat.
 Dalam sambutannya, Ust Taufik Subhi selaku ketua divisi pendidikan dan pelatihan bidang kaderisasi PIP PKS Malaysia menyampaikan bahwa, “Acara tatsqif ini akan rutin dilaksanakan setiap bulan pada pekan keempat. Harapannya kader bisa mendapatkan banyak ilmu khususnya ilmu-ilmu syar’i sehingga menambah pemahaman dan menjadi bekal untuk berdakwah kepada segenap masyarakat yang ada di sekitarnya.”
Ust Muntaha diawal paparannya menyebutkan bahwa betapa pentingnya ilmu ushul fiqh dalam khazanah keilmuan Islam. Beliau mengutip perkataan para ulama “Dulu para ulama ahli hadits berada dalam kebutaan, sampai datanglah Imam Syafii “ kenapa? Karena oleh beliaulah, ushul fiqh disusun menjadi sebuah ilmu yang bisa dipelajari seperti yang beliau tulis dalam kitab Ar Risalah. Ilmu Ushul fiqh juga membuat seseorang itu menjadi paham bagaimana memahami ayat Al Quran dan Al Hadits, dan bagaimana Al Quran dan hadits tersebut bisa digunakan untuk menjawab berbagai permasalahan yang terjadi pada masa ini.”
Pada sesi tanya jawab, para peserta pun banyak mengajukan berbagai pertanyaan, yang kemudian dijawab oleh Ust Muntaha dengan tuntas sehingga semakin memperkaya materi yang sebelumnya telah beliau sampaikan. Setelah itu, karena waktu zuhur telah tiba, maka acara pun ditutup dengan sholat zuhur berjamaah. (IM/KL/pks-malaysia.org)

0 comments:

Post a Comment