SELAMAT HARI PAHLAWAN, #SEMOGA TERCATAT SEBAGAI SYUHADA'

Tuesday 16 December 2014

Negara Eropa Gencar Akui Palestina, AS Kalang Kabut


Menteri Luar Negeri AS John Kerry kini terus berupaya untuk menghadang upaya Palestina mengkahiri pendudukan Israel. Selain itu, ia juga pun berupaya menghadang peningkatan ketegangan Israel-Palestina oleh pihak-pihak tertentu.

"Ada banyak orang yang berbeda mendorong ke arah yang berbeda di luar sana dan pertanyaannya adalah bisakah kita semua menuju ke arah yang sama," kata Kerry kepada wartawan saat berkunjung ke Kolombia.

Orang-orang Palestina melaksanakan kampanye besar dengan tujuan untuk menyerahkan kepada Dewan Keamanan PBB rancangan resolusi yang intinya dalam dua atau tiga tahun untuk mengakhiri pendudukan Israel.

Mereka mengatakan mereka ingin melihat teks yang diajukan sebelum akhir tahun. Kenyataan ini mendorong pertemuan kejutan Senin depan di Roma antara Kerry dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

"Apa yang kami coba lakukan adalah mencari tahu apa yang masuk akal," kata Kerry kepada wartawan di Bogota.

"Kami sedang berusaha untuk mencari cara untuk membantu meredakan ketegangan dan mengurangi potensi konflik yang lebih dan kami mengeksplorasi berbagai kemungkinan untuk itu. Itulah sebabnya saya juga bertemu dengan Perdana Menteri Netanyahu."

Palestina mendesak PBB di tengah ketegangan di wilayah tersebut dan di tengah gelombang negara-negara Eropa yang melihat parlemennya mendesak pemerintah mereka untuk mengakui negara Palestina.

Parlemen Portugis adalah yang terbaru untuk menekan pengakuan negara Palestina dalam koordinasi dengan Uni Eropa. (POL/piyunganonline)

0 comments:

Post a Comment