SELAMAT HARI PAHLAWAN, #SEMOGA TERCATAT SEBAGAI SYUHADA'

Thursday 11 December 2014

HNW: Pak Anies harus Hati-hati dalam Bicara



"Mulutmu Harimaumu" istilah ini harus senantiasa kita ingat karena apa yang kita ucapkan itu yang harus kita pertanggungjawabkan.
Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Anies Baswedan diminta berhati-hati dalam memberikan pernyataan. Hal itu menyusul adanya polemik terkait larangan berdoa bagi para siswa sebelum dimulai proses belajar di sekolah.
Anggota Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan, para menteri kabinet pemerintahan Jokowi khususnya Anies harus berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan kepada publik.
"Jadi sangat menyayangkan jika Pak Anis benar-benar melarang. Jadi Pak Anies harus hati-hati dalam mengeluarkan pernyataan," kata Hidayat di Jakarta, Rabu (10/12/2014) malam.
Wakil Ketua MPR itu meminta agar para menteri fokus bekerja dalam rangka membenahi kebijakan untuk kesejahteraan rakyat.
"Jadi menurut saya jangan bikin masalah yang tidak perlu dilakukan. Para menteri nanti hanya sibuk urus polemik, sehingga menghambat kerja," tegasnya.
Sebelumnya, Anies mengkritisi fenomena sekolah negeri di Indonesia yang sering menjalankan praktik agama sesuai agama mayoritas saja. Menurutnya hal itu tidak boleh terjadi.
"Sekolah negeri harus mempromosikan sikap Ketuhanan Yang Maha Esa bukan satu agama," ujar mantan Rektor Universitas Paramadina itu dalam konferensi pers usai pelaksanaan silatuhrami dengan seluruh kepala dinas pendidikan seluruh Indonesia di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin (1/12/2014).
Namun Anies kemudian membantah pernyataannya itu dianggap sebagai usaha menghilangkan kebiasaan berdoa di sekolah. Dia justru mengaku ingin mendorong kebiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar di sekolah.
"Adapun isi doa tengah dikonsultasikan dengan Kementerian Agama. Saya pernah bicara ini dengan Menteri Agama. Namun belum ada tindaklanjutnya," kata Anies.
Terkait hal ini pun KH Yusuf Mansyur telah mengklarifikasi kepada Anies Baswedan yang diperoleh informasi bahwa tidak benar kebiasaan doa para siswa saat masuk kelas dan mau belajar akan dihilangkan. Kita senantiasa berharap semoga bangsa dan negara kita senantiasa dalam lindunganNya. (islamedia/ini/js)

0 comments:

Post a Comment