SELAMAT HARI PAHLAWAN, #SEMOGA TERCATAT SEBAGAI SYUHADA'

Sunday 13 April 2014

"Intangible Asset PKS, Kuat dan Mahal" by @kangrendy


by Rendy Saputra 
@kangrendy on twitter


2 hari ini, saya melihat twitpic aktivitas para saksi, yang ngjagain C1.. luar biasa.. haru melihatnya, kader ngejagain suara rakyat..

Di tengah petinggi partai ngeributin koalisi atau oposisi, PKS fokus pada suara.. ini adab yang mahal menurut saya..

Bayangkan, rakyat memilih suara, setelah itu quick count, dan dari quick count mereka bergerak..

Seakan-akan.. rakyat hanya sample yang disurvey di tanggal 9 april. Prediksi itu jadi bahan tawar menawar.. tidak etis menurut saya..

Perhitungan suara gak diperhatikan.. saksi2 partai lain iri sama saksi dari PKS.. C1 lengkap, bawa printer.. bawa laptop.. serius, begadang

Sikap PKS dalam menjaga suara ini adalah buah dari adab politik yang tinggi: ini suara konstituen, harus dijaga, walau 1 suara..

1 suara, berarti 1 pilihan seseorang. Dia datang ke TPS sudah jauh2, mengeluarkan tenaga, mengalokasikan waktu.. PKS menghargainya..

400 lebih kota dan kabupaten.. terbayang berapa kelurahan yang tersebar.. brp PPS yang skrg sedang pleno.. thx my bro and sist..

Masuk ke topik.. kenapa saya katakan PKS ini kuat dan mahal.. karena kita punya intangible asset yg gk dimiliki oleh yang lai..

Tweet ini saya persembahkan untuk para kader PKS, saudara2 ku.. yang sedang menjaga suara kami para konstituen.. maaf gak bisa bantuin..

Moga tweet2 ku menyakakan api semangat di hatimu.. menajamkan kembali fikiranmu.. menguatkanmu berjibaku dengan lembaran yg harus diinput..

Rangkaian tweet berikut adalah upaya untuk menyemangati seluruh kader di indonesia.. bahwa Partai kita.. PKS.. kuat dan mahal..

Saya akan membahasnya dari sisi bisnis.. karena ini yang saya jalani sehari-hari.. ngejalanin perusahaan orang.. bertarung di pasar.

Saat 2 buah perusahaan mau dijual, lalu dilakukan valuasi.. atau penilaian atas perusahaan tersebut, maka tidak cukup anda melihat profit saja.

Profit memang mempengaruhi harga dari sebuah usaha. Biasanya 5 sd 6 kali EBITDA.. pemasukan sebelum pajak depresiasi dan amortisasi.

Tapi perusahaan yang punya profit 19M per tahun... bisa saja lebih murah dari yang punya profit 8M per tahun.. kenapa?

Karena.. gak cukup kita cuma lihat profitnya saja.. yang dilihat cukup banyak..

Itu 19 M nya konsisten tidak? Apa cuma tahun ini? Brp lama si perusahaan tersebut bisa bukukan 19 M terus menerus?

Itu profit 19M.. apa yang dijual.. produk yang sustain.. atau besok2 ambruk.. investor mikir panjang...

Makanya bisa aja si perusahaan 8M yang lebih mahal.. kalo mmg konsisten.. apalagi growth... PKS banget ini...

Pileg 2014.. ada 12 perusahaan, 2 keliatannya terbenam, walau saya masih hormati realcount KPU.. keliatannya udahan mereka..

Jadi ada 10 perusahaan... hehehe... PKS salah satunya.. dengan hit 8% kata QC.. dan 11%.. versi hitung tabnas PKS.. kalo hitung raihan kursi.

So.. PKS cenderung kuat... berikut tambahan analisa saya..

Waktu anda beli perusahaan, banyak inquiry question yang harus anda elaborasi...

- ini perusahaan dalam keadaan untung atau rugi...

- Selanjutnya.. kalo anda beli.. besok2 masih bisa jualan gak? Kali2.. ganti bos.. karyawannya bubar..

- Ini perusahaan.. bekerja diatas sistem.. atau diatas figur..

- Buyer atau pembeli dari produk perusahaan ini siapa? Kalo anda beli.. mereka masih belanja di perusahaan ini atau tidak? Kan beda owner

Kesemua itu.. merujuk pada intangible asset.. sesuatu asset yang tak terlihat.. manusia, sistem, nilai yang bekerja di dalam perusahaan..

PKS, insyaAllah mempunyai nilai2 intangible asset yang partai lain tidak punya.. insyaAllah..

Kita relatif memiliki SDM yang memang sadar bergabung di partai, dibentuk dalam jangka waktu yang lama, kokoh, mampu berkomunikasi dgn baik

Andai ada orang punya uang 10T, belum tentu dia bisa membuat infrastruktur SDM seperti PKS dalam waktu 1 tahun.. berikut ilustrasinya..

Saya kerja di industri busana, ada designer, penjahit, plasma, teman2 bordir, kompleks deh.. hadirkan 1 busana muslim itu rumit..

Apalagi produkai kami ratusan ribu pcs.. ndak main2.. distribusi deluruh indonesia.. saya karyawan disini.. dan mengamati..

Andai perusahaan punya 1T, dan pekerja kami hilang semua.. niscaya saya tidak akan sanggup hadirkan yang sama dalam waktu singkat..

Karena 400 tenaga yang terlibat.. relatif sudah bekerja cukup lama.. ada keterampilan.. budaya yang dianut.. kebiasaan gerak.. itu mahal..

Itu yang saya namakan intangible asset...

Intangible asset, berharganya PKS : saksi nya kader sendiri, bukan bayaran, tulus, movable, educated, fighters..

Intangible asset PKS : kalo rapat, ya kita rapat gak ada uang rapat de el el.. temen saya di partai tetangga, ngumpulin rapat aja 5 jt...

Partai tetangga.. apa2 mahal.. mungkin ada yg mirip2 PKS.. 1 partai.. hehehe.. anak2 muda juga.. tulus2.. moga kita ketemu.. #kode

Intangible asset : value, kita bergerak atas kultur politik yang senilai.. kita memahami politik sebagai jalan mengimplementasikan kebaikan.

Dan bahasan tambahan.. insyaAllah PKS yang siap menyongsong masa depan...

Mau cerita ttg bisnis lagi.. ttg menyongsong masa depan...

Kami punya supplier.. anggap PT A, mereka mulai produksi tahun 1952..

Dalam sebuah meeting dengan generasi ke 2 mereka.. si koko curhat ke saya.. dia kalah langkah sama PT B, akibat gak siap sama perubahan..

PT A, bisnis dari tahun 52, mesinnya 100, karyawan 400 | PT B, bisnis dari 80an, mesinnya 1600, karyawan 50.000, 170 ha, <~ beda gak?

Koko cerita sama saya, "rend, ayah saya, si om, selalu gak mau beli mesin baru, kemarin sih kekejar, skrg ketinggalan terus, cost mahal"

Gak panjang2 saya cerita, moga nangkap maknanya.. PKS adalah "perusahaan" dengan mesin2 yang siap untuk perubahan di masa depan..

2014.. coba bandingkan dengan 1994.. selang 20 tahun. Bagaiman teknologi mobile phone, email, telekomunikasi? Semua mahal..

2014.. tarik ke 2034.. bayangkan.. gadget sudah kayak pulpen.. murah.. semua mungkin pake smartphone.. koneksi sudah kayak oksigen.. free

Kemarin.. 1 kafe wifi.. ke depan.. 1 negara wifi... orang bebas akses informasi.. media besar tak lagi dominan.. rakyat punya pilihan

Data nielsen yang saya baca - mohon koreksi - dari 1000 TV yang dipasangin alat survey.. hanya 600an yang menyala di prime time..

Mohon koreksi ya.. 60 persen gitu rate nya.. orang sudah ninggalin TV.. perlahan..

Lihat aja di jabodetabek, orang macet2an, merunduk semua, baca ebook, twitter portal, world so flat..

Terbukti 2014 ini. Poolster jungkir balik. Survey berantakan, sstt.. anda gak bisa samakan market dengan yang dulu.. maybe..

Behaviour market makin liar.. hari ini selera.. besok gak selera.. hari ini outlet nya rame.. besok bubar.. market jadi flat..

Kita perlu figur, tapi politik masa depan bertopang pada figur2 yang riil, tokoh2 yang dekat dan kejangkau, para aleg tingakt 2 mungkin..

Gak ada lagi superstar kayak michael jackson.. norman kamaru pun bisa meledak.. shinta jojo pun bisa meledak..

Maka.. yuk temen2 kader PKS.. semuanya.. keep rollin ajah... jgn sampe temperatur kita turun.. 2014 ini babak baru..

Mudah2an, jika bener 60 kursi, moga 60 aleg di DPR RI nanti ya parle.. ngomong.. namanya juga parlemen...

Semoga 60 aleg PKS.. bener2 bekerja jadi jembatan bagi suara rakyat.. kerjanya terasa.. semua aleg yang terpilih deh..

itu aja analisa kiar dari audit pandang profesional.. moga kinerja perusahaan kita ttp oke.. dan bisa go double di market 2019.

*pkspiyungan

0 comments:

Post a Comment