SELAMAT HARI PAHLAWAN, #SEMOGA TERCATAT SEBAGAI SYUHADA'

Tuesday 25 August 2015

Tips Meminta Maaf pada Istri

Sample Image
Inilah tips meminta maaf pada istri. Simak selengkapnya.
Siapakah laki-laki yang tidak pernah berbuat salah pada istrinya? Biasanya ada saja hal-hal yang membuat istri terluka, menangis, bermuram durja, bahkan juga sakit hati atas apa yang suami lakukan.
Padahal, Rasulullah telah mengisyaratkan bahwa laki-laki terbaik adalah yang paling baik akhlaknya terhadap istrinya. Lalu, dapatkah Anda merasa telah menjadi mukmin yang baik hanya karena shalat, puasa, dan ceramah yang Anda sampaikan di depan publik? Padahal di rumah, istri sering terluka dengan perlakuan dan kata-kata Anda yang menyakitinya.
Orang yang imannya paling sempurna di antara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya” (HR At-Thirmidzi no 1162, Ibnu Majah no 1987 dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam As-Shahihah no 284)
Maka, wahai para suami, penting untuk meminta maaf pada istri agar keimanan Anda sempurna dalam mengikuti sunah Rasulullah yang senantiasa memperlakukan istri dengan lembut.
Berikut ini beberapa tips dalam meminta maaf pada istri:
1.Cari waktu yang tepat
Carilah saat di mana mood istri sedang baik, jangan sebaliknya... di saat istri masih emosi dan tidak bisa berpikir jernih. Yang paling oke adalah dengan mengajak istri makan malam bersama, kemudian menyampaikan permintaan maaf Anda dengan tulus.
2.Ketulusan adalah yang terpenting
Wanita peka terhadap body language dan pilihan kata, istri Anda pasti merasakan apakah suaminya tulus meminta maaf atau sekadar basa-basi saja. Maka, pancarkanlah ketulusan itu dari mata dan dari sikap Anda. Maka istri tak akan punya alasan untuk tidak memaafkan kesalahan Anda.
3.Jangan coba analisis kesalahan
Tidak perlu membuat permohonan maaf dengan berbelit-belit yang ujung-ujungnya bisa terlihat seperti pembelaan diri sendiri. Langsung saja katakan Anda meminta maaf padanya. Lalu rayulah istri agar mau memaafkan.
4.Hadiah kecil
Siapkan sesuatu yang disukai oleh istri, atau kalau Anda sendiri bisa membuatnya, maka itu akan lebih berkesan.
5.Jangan kecewa dengan reaksi negative
Mungkin pasangan masih marah sehingga Anda tidak perlu kecewa apalagi putus asa ketika istri masih saja seperti bison mengamuk. Sebaiknya berikanlah waktu pada istri untuk meredakan emosinya dan tetaplah meminta maaf dengan tulus.
Semoga beberapa tips singkat ini bisa membantu memperbaiki hubungan dengan pasangan.
Foto ilustrasi: google
Sumber : http://www.ummi-online.com

0 comments:

Post a Comment